Niat Puasa Ramadan untuk Ibu Hamil

Ibu hamil tetap bisa niat puasa Ramadan yang aman untuk janin loh. Inilah beberapa tipsnya bagi ibu hamil agar tetap bugar serat janin tetap sehat.

1. Tenang dan Hindari Pemicu Stres

Ibu hamil harus tenang serta harus menghindari berbagai pemicu stres, agar niat puasa Ramadan dapat di jalankan dengan baik. Karena menurut penelitian ibu hamil memiliki hormon stres yang lebih tinggi yang dapat berefek buruk pada kesehatan dan janin.

2. Hindari Mengangkat Beban Berat dan Berjalan Terlalu Jauh

Ibu hamil harus menghindari beban berat ataupun berjalan terlalu jauh, bahkan jika diperlukan kurangi aktivitas rumah tangga yang melelahkan. Jika Anda merasa lelah, jangan memaksakan diri, segeralah untuk relaks dan beristirahat sejenak.

3. Untuk Ibu Pekerja Cari Informasi Terkait Keringanan Kerja dari Perusahaan

Bagi ibu hamil yang bekerja, carilah informasi seputar keringanan pekerjaan. Seperti kantor mengurangi jam kerja atau ibu hamil dapat tambahan waktu istirahat.

4. Pilih Makanan yang Tepat Saat Sahur dan Berbuka

Pilihan makanan sehat untuk sahur dan berbuka sangat penting untuk ibu yang sedang hamil. Hindari sebisa mungkin makanan cepat saji atau dan tinggi lemak.

Jangan lupa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan berkarbohidrat kompleks. Seperti, gandum utuh, sayuran, dan buah kering.

5. Hindari Makanan Manis yang Berlebihan

Ibu hamil harus sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang terlalu manis. Karena bisa membuat kadar gula dalam darah naik dan turun dengan cepat.

Perubahan yang cepat pada kadar gula dalam tubuh dapat menyebabkan pusing dan lemas. Hal ini tentu akan mempengaruhi stamina bagi ibu hamil.

6. Penuhi Asupan Protein

Ibu hamil juga harus memenuhi asupan protein secara baik. Seperti, telur, ikan, udang, kacang-kacangan, dan daging yang sudah matang.

Demikianlah kiat-kiat bagi ibu hamil yang hendak tetap menjalankan niat puasa Ramadan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter agar perkembangan janin tetap dalam keadaan baik dan sehat, selamat menjalankan puasa Ramadan.

Leave a Comment